RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah Dasar : SDN 03 Pontianak Selatan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/II
Waktu Per : 1x pertemuan
Standar Kompetensi : Geometri dan Pengukuran
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/II
Waktu Per : 1x pertemuan
Standar Kompetensi : Geometri dan Pengukuran
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar : 5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi
panjang
Indikator : 5.1.1 Menghitung keliling persegi panjang
dengan satuan baku
5.1.2Merumuskan keliling persegi panjang
5.1.2Merumuskan keliling persegi panjang
I. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
siswa menyimak penjelasan guru mengenai cara menghitung keliling pesegi panjang denga cara baku siswa dapat mengetahui cara menghitung
keliling persegi panjang dengan cara baku
2. Setelah
siswa memperhatikan guru menjelaskan cara menghitung keliling persegi, siswa
dapat menenentukan rumus keliling persegi
§ Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , teliti, Menghargai Prestasi
Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , teliti, Menghargai Prestasi
II. Materi
Pembelajaran
II.Keliling
persegi panjang merupakan jumlah dari keempat sisi
Keliling persegi panjang dapat
dihitung dengan satuan baku.
1. Menghitung
keliling persegi panjang dengan satuan baku
Menghitung
Keliling Persegi Panjang dengan Menjumlahkan sisi-sisinya
Perhatikan gambar persegi panjang UVWX berikut.
Persegi panjang di atas mempunyai 4 sisi,
yaitu sisi UV, VW, WX, dan
XU. Maka keliling dari persegi
panjang UVWX = panjang (UV + VW + VW + XU).
Dari
gambar terlihat:
a. Panjang sisi UV = 12 cm
b.
Panjang sisi VW = 8 cm
c.
Panjang sisi WX = 12 cm
d.
Panjang sisi XU = 8 cm
Jadi, keliling persegi panjang UVWX =
12 cm + 8 cm + 12 cm + 8 cm
= 40 cm
Keliling persegi
panjang = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4
Contoh
1. Perhatikan bangun
persegi
panjang PQRS di bawah!
Carilah kelilingnya!
Jawab:
Keliling persegi panjang
= sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4
Keliling persegi panjang PQRS
= 9 + 7 + 9 + 7 = 32
2. Menentukan
rumus keliling persegi panjang
Menghitung Keliling
Persegi Panjang dengan Rumus
Perhatikan kembali
sisi-sisi persegi panjang!
Sebuah persegi panjang
mempunyai sisi panjang dan sisi lebar.
Perhatikan bangun persegi panjang
KLMN
di bawah!
Carilah kelilingnya!
3.
LAGU PERSEGI PANJANG (lirik kutakut mama marah)
ada sebuah bangun datar
ada sebuah bangun datar
Yang mempunyai 2 sisi berhadapan
namanya persegi panjang
2p + 2l itulah rumusnya
mudah sekali menghitungnya
asyik..asyik..asyik..asyik.....belajarnya..
namanya persegi panjang
2p + 2l itulah rumusnya
mudah sekali menghitungnya
asyik..asyik..asyik..asyik.....belajarnya..
III. Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
VI. Metode
Pembelajaran
1. Ekspositori
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Penugasan
V. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit)
1. Salam
dan doa
2. Absensi
siswa
3. Apersepsi
: Tanya jawab tentang materi persegi
panjang
a. Anak-anak coba kalian perhatikan papan tulis, disebut bangun apa papan tulis kita ini? ( bangun persegi panjang)
a. Anak-anak coba kalian perhatikan papan tulis, disebut bangun apa papan tulis kita ini? ( bangun persegi panjang)
4. Informasi
materi yang akan diajarkan
5. Informasi
tentang tujuan pembelajaran
6. Berlatih
menyanyikan lagu persegi panjang
7. Mengkondisikan
kelas/kontrak pembelajaran
B. Kegiatan
Inti ( 20) menit
1. Siswa dan guru melakukan curah pendapat tentang persegi panjang dalam kehidupan sehari-hari. (eksplorasi)
2. Siswa dengan
bimbingan guru melakukan tanya jawab tentang persegi panjang ada di dalam ruangan kelas. (eksplorasi)
3. Siswa
menyimak
penjelasan guru tentang persegi panjang (elaborasi)
4. Siswa
memperhatikan demonstrasi guru dalam
mengukur keliling kertas origami yang guru gunakan sebagia media pembelajaran, dan
penggaris sebagai alat pengukurnya (elaborasi)
5. Siswa
dibagi kelompok, untuk mengukur sisi- sisi
kertas origamin yang dibagikan guru pada setiap kelompok (elaborasi)
6. Setiap
kelompok mengukur setiap sisi kertas origami dengan penggaris dan menjumlahkan
setiap sisi kertas (elaborasi)
7. Siswa
bersama-sama guru mengkoreksi hasil
pengukuran yang kerjakan setiap kelompok (eksplorasi)
8. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa atas hasil yang telah dikerjakan.
(konfirmasi)
9. Siswa
dengan bantuan guru bisa menentukan
keliling kertas origami dengan mungukur setiap sisi kertas dengan penggaris(eksplorasi)
10.
Dengan mengetahui cara menghitung
keliling kertas origami, siswa dapat
menyimpulkan rumus kelililing bangun persegi panjang (elaborasi)
11.
Melatih dan membimbing siswa cara
menerapkan rumus untuk menghitung keliling persegi panjang (elaborasi)
12.
Berlatih menyanyikan lagu bidang datar
persegi panjang
13.
Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan
materi yang belum di pahami(komfirmasi)
C.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
1. Siswa
bersama guru merangkum materi pelajaran
2. Evaluasi
3. Guru
mengadakan refleksi dan tindak lanjut
4. Penutup
VI.
Penilaian
A. Teknik
: Tes
B. Prosedur
Penilaian hasil : Kemampuan siswa
menyelesaikan soal
C. Jenis
tes : Tulisan
D. Bentuk
tes : Essay
E. Instrumen
Penilaian
F.
Kunci Jawaban
1.
Dik :
panjang = 7 cm
Lebar = 12 cm
Dit : keliling persegi panjang?
Jawab: K = (2 x p) +
(2 x l)
= (2 x 7 cm) + (2 x 12 cm)
= (2 x 7 cm) + (2 x 12 cm)
=
14 cm + 24 cm
=
38 cm
Jadi keliling persegi panjang ABCD
adalah 38 cm
2.
Dik :
panjang = 15 cm
Lebar = 8 cm
Dit : keliling persegi panjang?
Jawab: K = (2 x p ) +
(2 x l )
= (2 x 15 cm ) + (2 x 8 cm )
= (2 x 15 cm ) + (2 x 8 cm )
= 30 cm + 16 cm
= 46 cm
Jadi keliling persegi panjang EFGH
adalah 46 cm
3.
Dik :
panjang = 85 cm
Lebar = 60 cm
Dit : keliling persegi panjang?
Jawab: K = (2 x p ) +
(2 x l)
= ( 2 x 85 cm ) + (2 x 60 cm)
= 170 cm + 120 cm
= 290 cm
= 170 cm + 120 cm
= 290 cm
Jadi
keliling persegi panjang IJKL adalah 290 cm
4.
Dik :
panjang = 75 cm
Lebar = 65 cm
Dit : keliling persegi panjang?
Jawab: K = (2 x p ) +
(2 x l)
= ( 2 x
75 cm ) + ( 2 x 65 )
= 150 cm + 130 cm
= 280 cm
= 150 cm + 130 cm
= 280 cm
Jadi
keliling persegi panjang MNOP adalah 280
cm
5.
Dik :
panjang = 66 cm
Lebar = 57cm
Dit : keliling persegi panjang?
Jawab: K = (2 x p ) +
(2 x l )
= ( 2 x
66 cm ) + ( 2 x 57 cm)
= 132 cm + 114 cm
= 146 cm
= 132 cm + 114 cm
= 146 cm
G.
Pedoman penskoran/penilaian
Soal
no. 1
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang
diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang
ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian
soal benar
|
10
|
|
Jumlah skor
|
20
|
Soal
no. 2
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang
diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang
ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian
soal benar
|
10
|
|
Jumlah skor
|
20
|
Soal
no. 3
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang
diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang
ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian
soal benar
|
10
|
|
Jumlah skor
|
20
|
Soal
no. 4
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang
diketahui, jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang
ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab
penyelesaian soal benar
|
10
|
|
Jumlah
skor
|
20
|
Soal
no. 5
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menuliskan apa yang diketahui,
jika benar
|
5
|
2
|
Menuliskan apa yang
ditanyakan, jika benar
|
5
|
3
|
Menjawab penyelesaian
soal benar
|
10
|
|
Jumlah skor
|
20
|
Nilai = skor yang diperoleh : skor total X 100
VIII.
Media/alat peraga/Sumber Belajar
a.
Media/Alat
Peraga
Bahan
; Penggaris ; kertas
origami
b.
Sumber
Belajar
BSNP
( 2006), KTSP SD / MI. Depdiknas, Jakarta.
Masitoch
Nurul dkk, 2008. Gemar Matematika. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Hal. 166 -178
Tidak ada komentar:
Posting Komentar